7 Trik Mendapatkan Foto Selfie Liburan yang Menarik

Jakarta - Oleh-oleh terbaik dari liburan ke luar kota maupun luar negeri tidak selalu berupa benda, tapi kenangan selama liburan yang dibadikan lewat foto. Bagi traveler khususnya, mendapatkan foto yang indah menjadi hal yang cukup penting dan tidak boleh terlewatkan. Foto yang diambil pun sebaiknya berkualitas bagus dan menarik untuk dilihat.

Lalu bagaimana dengan selfie saat liburan? Sah-sah saja jika Anda ingin 'bernarsis ria', karena hampir semua traveler melakukan itu. Namun agar yang melihatnya tidak bosan karena hanya wajah Anda yang terpampang di foto, ada cara untuk membuat foto selfie saat liburan jadi lebih menarik. Louis Hollingsbee, fotografer selebriti dari London berbagi tipsnya yang dikutip dari Female First.

1. Kenali Angle Wajah Kim Kardashian mengaku mengambil selfie dari berbagai angle hingga 500 kali demi mendapatkan angle foto terbaiknya. Cara Kim ini bisa ditiru. Tidak harus dengan memotret diri sendiri hingga ratusan kali, tapi lakukan percobaan beberapa kali hingga menurut Anda, itulah pose dan angle terbaik Anda. Caranya dengan berpose di cermin besar, lalu ambillah foto beberapa kali sampai mendapatkan foto terbaik.

2. Perhatikan Cahaya Pencahayaan alami, seperti sinar matahari sangat penting untuk mendapatkan foto selfie liburan yang baik. Saat liburan, perbanyak berfoto di area outdoor seperti taman, pantai, jalanan dan sebagainya. Jika ingin foto di dalam ruangan cari tempat di dekat jendela atau pencahayaan mataharinya cukup. Waktu terbaik untuk mendapatkan pencahayaan alami yang sempurna antara pukul 07.00 - 11.00 atau antara 13.30 - 17.00.

3. Jangan Pakai Flash Lampu flash akan membuat foto terlihat 'flat' dan tampak tidak natural, belum lagi efek red-eye (meskipun kini ada teknologi yang bisa mengurangi red-eye tapi tetap hasilnya tidak sebagus kamera tanpa flash). Maka dari itu usahakan tidak menggunakan flash saat berfoto terutama jika mengambil foto close-up. Maka dari itu berinvestasilah pada kamera dengan kualitas bagus, baik itu kamera smartphone maupun digital.

4. Pasang Senyum Merunut motto sebuah merek kosmetik asal San Fransisco, AS, 'smile is the best makeup', itu juga bisa diterapkan saat ber-selfie. Memasang senyum manis yang terkesan ceria akan membuat Anda terlihat lebih cantik ketimbang berpose dengan wajah 'cemberut' atau duck face. Tidak harus selalu tersenyum ketika ber-selfie, namun tunjukkan rasa bahagia dan ceria terpancar dari wajah Anda.

5. Latar Belakang Foto selfie liburan yang bagus, tidak hanya 'memajang' wajah Anda di seluruh bagian foto. Pikirkan juga pemandangan sekitar yang kira-kira bagus untuk menjadi latar belakang foto. Orang lain tidak akan tahu Anda telah bepergian ke mana saja jika hanya wajah yang terpampang dalam foto.

6. Lebih Banyak, Lebih Baik Ambillah foto sebanyak mungkin sehingga Anda bisa memilih mana yang paling bagus dan 'layak' dipamerkan di sosial media, atau dicetak untuk dipajang di rumah. Jangan sampai Anda menyesal karena foto yang diambil terlalu sedikit dan ternyata hasilnya tidak ada yang memuaskan.

7. Kreatif Jangan takut berpose 'jelek' dan konyol. Ini adalah liburan, saatnya bersenang-senang. Anda juga bisa bereksperimen misalnya bergaya konyol seolah berinteraksi dengan patung, lukisan, atau benda-benda lainnya. Foto dengan kekonyolan dan pose yang tidak biasa akan menonjolkan sisi jiwa petualang Anda dan tidak terlalu serius.