Wah, Label Kemasan Nutella di Australia Jadi Bahan Lelucon!

Desain nama kemasan Nutella di Australia bisa diubah sesuai keinginan. Ini menjadi bagian dari sebuah kampanye pemasaran Ferrero Australia. Sayangnya, promosi tak berjalan mulus.

Warga Australia bisa merancang label Nutella sesuka hati. Namun ternyata promosi tidak sesuai tujuan karena munculnya rancangan label berjudul aneh. Menurut laporan AFP (23/09), partisipan ada yang membuat label berbunyi “diabetes” hingga “poop” dan mengunggahnya di internet.

Promosi “Make Me Yours” untuk Nutella meminta masyarakat Australia menghindari pembuatan label berisi kata-kata tidak pantas, cabul, kasar atau tidak sesuai bagi anak di bawah umur. Kampanye itu sudah dimulai minggu lalu.

“Sesuatu yang sangat menyenangkan akan hadir..melibatkan kalian,” promosi Nutella beserta gambar label personalisasi dalam laman Facebook sebelum kampanye dimulai. Tapi tampaknya promosi tidak memperhitungkan rasa humor warga Australia.

“Meski beberapa orang menggunakan kampanye sebagai kesempatan membuat dan mengunggah gambar yang kurang pantas secara online, namun kebanyakan konsumen menjalankannya sesuai cara yang dituju,” sebut Ferrero Australia dalam sebuah pernyataan.

Promosi itu membuat orang-orang mengunggah gambar label Nutella di media sosial. Ada yang menulis label produk lainnya seperti “vegemite”. Terdapat pula label “epipen” dan “allergen” yang mengindikasikan potensi bahaya selai itu bagi penderita alergi kacang. Desain label berjudul “fatkidz” dan “regret” juga dibuat masyarakat. Pakar pun terbagi pendapatnya dalam menentukan kesuksesan kampanye karena munculnya ejekan label. Akan tetapi di sisi lain, warga di sana membeli produk. Sebab hanya pembeli Nutella ukuran 750 gr atau 1 kg bertanda khusus yang bisa berpartisipasi merancang label.

“Kerja brilian yang dilakukan agensi. Mungkin berbelok karena orang-orang menulis hal tidak pantas dan ini jadi tersebar luas setelahnya… tidak ada publisitas yang buruk,” tulis salah satu komentator online dalam sebuah situs pemasaran. Kampanye melalui situs www.yournutella.com.au ini akan berjalan sampai 25 Oktober di Australia dan Selandia Baru.